Jerawat gak kunjung sembuh? Kenali dulu yuk penyebab jerawat kamu!

Jerawat yang muncul pada wajah umumnya disebabkan oleh hormon. Namun, di balik itu juga terdapat beberapa penyebab munculnya jerawat yang hadir karena faktor lain. Seperti halnya kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering dilakukan. Simak dan kenali penyebab-penyebab jerawat ini biar kamu bisa mengantisipasinya!

1. Sering Begadang

Kebiasaan tidur larut malam sering dilakukan oleh banyak orang. Tapi terlalu sering begadang bisa menyebabkan munculnya jerawat di wajah kamu lho! Jika sering begadang, badan akan menjadi kurang fit saat bangun di pagi hari dan mudah lelah, sehingga berisiko untuk stress.

Saat kondisi diri kita stress, hal tersebut dapat meningkatkan hormon kortisol dan produksinya yang sangat tinggi hingga dapat sangat mudah mengakibatkan peradangan pada kulit. Peradangan pada kulit yang dapat terjadi ialah munculnya jerawat.

2. Sarung bantal kotor

Saat kamu tidur pada siang ataupun malam hari, selama berjam-jam pipi kamu akan bersentuhan dengan bantal. Sangat penting untuk kamu membersihkan dan mengganti sarung bantal secara berkala. Hal tersebut perlu dilakukan karena pada permukaan sarung bantal memungkinkan adanya debu, bakteri, kotoran, dan lain sebagainya.

Jika tidur dengan kondisi bantal yang kotor dapat membuat menumpuknya kotoran di wajah kamu. Sehingga, sarung bantal yang kotor tersebut dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan munculnya jerawat.

3. Mengkonsumsi junk food

Tidak semua makanan yang dikonsumsi aman untuk kesehatan kulit. Beberapa makanan dapat memicu munculnya jerawat. Seperti halnya makanan cepat saji atau junk food.

Makanan cepat saji memiliki nutrisi yang rendah serta banyak mengandung sodium, gula, lemak jenuh, pengawet, dan berbagai komponen tidak sehat lainnya. Sehingga, makanan cepat saji yang kaya akan kandungan tidak sehat tersebut dapat menyebabkan peradangan pada kulit, yang mengakibatkan jerawat.

Gimana? Kamu sudah paham kan apa-apa saja hal yang menyebabkan jerawat diwajah kamu tak kunjung sembuh? Lebih baik mulai sekarang kamu menghindari semua hal tersebut agar membantu jerawat kamu untuk cepat sembuh dan menghindari munculnya jerawat-jerawat baru.

SUKA ARTIKEL INI?

Leave a comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping cart
Sign in

No account yet?